Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Senin, 24 Januari 2011

Deal or No Deal

 Ini biasanya terjadi di playland di mal. Banyak permainan yang ternyata setelah disadari tidak hemat. Anggap saja satu permainan Rp.6000, lalu arena bermain yang Rp25Ribu sampai Rp.50Ribu. Dikalikan beberapa anak. Bukan masalah di uangnya, tapi bagaimana mengajarkan anak untuk memilih dan konsisten.
Aurelius: Mom, naik mobil mobilan!
Mom: (Ambil posisi bicara sejajar dengan anak) Aurelius, hari ini ke playland mau main apa saja? Pilih tiga permainan ya.
Aurelius: Mobil mobilan
Mom: Lalu apa lagi?
Aurelius: Kano
Mom: Okey, satu lagi, apakah mau main shooter, kereta atau kuda-kudaan (sebutkan permainan yang juga biasanya dia mainkan untuk dipilih)
Aurelius: Kereta, Mom!
Mom: Aurelius mau main mobil mobilan, kano dan kereta (buatlah persetujuan dengan mengulangi kondisinya)

Di dalam permainan di mal, buatlah kesepakatan bersama dulu, mana yang dipilih anak, dan tentu saja bantu anak untuk mengingatkan ada apa saja permainannya. Sehingga dia diberikan pilihan dan membuat satu keputusan. Biasanya setelah permainan yang dia ingini sudah dinaiki semua dia meminta yang lain lagi. Jika nanti dia ingin bermain yang lain, ingatkan dan kembalikan ke kesepakatan awal. "Aurelius, tadi sudah sepakat dengan mobil mobilan, kano dan kereta, sudah cukup yaa. Sekarang kita ke tempat lain, kita makan dulu ya". 
Ini akan membuat pelajaran pada anak untuk membuat satu batasan dari banyak pilihan dan mengenai komitmen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar