Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Senin, 16 Agustus 2010

Mengatasi Rasa Takut

Dufan, Wahana Gajah Bledug

Ini kedua kali Aurelius dan Keio ke Dufan, tapi ini yang pertama kali masuk ke dalam Wahana 3D Rama Shinta. Musik dan lampu yang minim cahaya disetting sehingga menimbulkan kesan menegangkan. Pada saat antri, Aurelius sudah menunjukan raut wajah ketakutan dan ketegangan, bahkan tubuhnya pun sudah memberikan reaksi kesan tersebut. Ada layar TV plasma di satu sudut langitnya yang menjelaskan profil permainannya, dimana kita harus mengarahkan tembakan ke arah musuh. Saya gendong untuk memberikan rasa nyaman dan aman, lalu saya ceritakan bagaimana kita bermain di dalamnya. Saya bicarakan cara bermain sesuai dengan yang di TV plasma tersebut. Awalnya Aurelius masih bilang "takut', tapi setelah saya ajak bicara, ototnya mulai kendur, dan mulai terlibat dengan pembicaraan kita. Saya sebutkan siapa saja yang akan bermain dan yang akan menemaninya. Aurelius mulai antusias untuk cepat naik ke dalam kereta berjalan. Sementara menunggu giliran saya tetap ajak ngobrol akan apa saja yang nanti akan kita alami. Seru! Saya pangku Keio, dan Aurel bermain di sebelah tempat duduk saya. Masing-masing memegang senjatanya dan dengan serunya diarahkan ke tubuh musuh 'mantide'. "Itu musuhnya, tembak kiri Aurel, Keio yang kanan!. Kita terlibat dalam satu permainan. Ketakutan itu berhasil teratasi. Satu yang tabu, jangan katakan atau bandingkan dengan anak lain, misalnya "adik itu berani, kakak itu tidak takut!". Ini hanya akan menambah stress anak. Sudah merasa takut, ditambah lagi tekanan harus lebih baik dari orang lain. Sebaiknya fokuskan pada keberhasilan anak menghilangkan rasa takut. Setelah dari wahana ini, kami masih membahas permainan tersebut, kepercayaan diri anak akan bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar