Senin, 30 Mei 2011

Mengoptimalkan IQ, EQ dan SQ Anak

Kunci utama dalam mengoptimalkan IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient) anak adalah komunikasi dan hubungan yang baik dengan anak.
Jika keadaan emosi anak baik, maka anak akan mudah mengasah intelegensia nya. Dan ini bisa terjadi jika suasana di rumah, kondisi hubungan keluarga yaitu orang tua dengan anak, hubungan saudara, dalam keadaan yang positif. Bukan karena otak anak yang kurang cerdas ketika mereka tidak menunjukan hasil yang kurang memuaskan di sekolah. Tapi karena ada hubungan yang kurang baik, mengganggu emosi anak, sehingga mereka kurang bergairah dalam belajar.
Sedangkan dalam hal kecerdasan emosi, anak belajar mengenai emosi dari orang tuanya. Jika komunikasi anak dengan orang tua baik, berlandaskan pada kasih dan bukan emosi, maka anak akan mempunyai kecerdasan emosi yang baik. Berkomunikasi dengan baik bersama anak, menanyakan kondisi hati mereka, bercakap cakap ringan, tertawa bersama, mengasuh dengan kasih, bermain bersama, dan bukan hanya berbicara ketika orang tua merasa terganggu, dan berkata "jangan!", atau mencegah anak melakukan hal iniu ataupun hal itu.
Yang terakhir tapi ini yang sangat mendasar dan terpenting bagi saya adalah kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual diperoleh setiap orang dan akan semakin baik seiring bertambahnya umur. Menurut Ratih Zimmer Gandasetiawan, Dipl. Fisioterapis, (seorang penulis buku, pembicara dan tokoh smart parenting), kecerdasan spiritual tidak dapat dipelajari, karena hal ini berdasarkan pengalaman hidup seseorang.
Lalu apa yang dapat saya lakukan sebagai orang tua? Dalam perjalanan hidup anak dan saya, mendampingi anak anak dan hidup saya didampingi mereka adalah cara pembelajaran spiritual. Mengenal Tuhan, mengenal kasih melalui diri kita adalah hal yang indah. Anak melihat kasih dan mengenal Tuhan melalui orang tua begitu juga sebaliknya.
Jadi, apa yang dapat saya simpulkan adalah miliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak. Itulah kunci mengoptimalkan IQ, EQ dan SQ anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar