Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Selasa, 26 Juli 2011

Parents vs The Outsider


Sebagai orang tua, ada tiga peranan yang dilakukan oleh orang tua dalam keseharian aktifitas anak.

1. Pemberi instruksi
2. Pengawas
3. Pendamping atau sebagai teman

Di dalam memberikan instruksi, orang tua bertindak sebagai pemimpin bagi anak. Berkomunikasilah dengan baik kepada anak. Di sini ilmu kepemimpinan yang baik diterapkan seperti halnya kepemimpinan Anda di dunia profesional. Jika anak ternyata tidak dapat mengikuti instruksi dengan baik, refleksikan kepada diri Anda sendiri. Apakah cara bicara yang tidak sesuai, atau tidak jelas, atau ada hal lain yang kenapa tidak dapat dimengerti oleh anak.

Berikan instruksi yang jelas dan bijaksana di dalam kehidupan anak-anak. Instruksi ini suatu saat akan menjadi panduan bagi mereka untuk membuat satu keputusan dalam hidup mereka.

Orang tua dapat bertindak sebagai pengawas, jika anak sudah diberikan instruksi. Milikilah keyakinan bahwa anak dapat dipercaya dan melakukan yang terbaik lebih dari yang orang tua dapat pikirkan. Jadilah pengawas di dalam setiap kehidupan anak, untuk tetap berjalan di rel yang benar. Jika mulai keluar dari rel, berikan instruksi untuk kembali.

Dampingi anak-anak di dalam kehidupan mereka, layaknya seorang teman. Teman yang mau mendengarkan, teman yang mau tertawa bersama, melakukan sesuatu bersama dengan penuh tawa, bahkan menangis bersama.

Dari ketiga peran orang tua tersebut, buatlah prosentase-nya. Ambilah waktu berpikir sejenak, apakah Anda sebagai orang tua sudah memberikan prosentase yang cukup di dalam mengambil peran di kehidupan Anak.

Dalam satu hari ini, berapa persen instruksi yang diberikan, seberapa banyak Anda mengawasi anak-anak hari ini, atau berapa persen waktu Anda bermain dan menjadi teman anak Anda hari ini.

Apakah Anda malah menjadi outsider?

Outsider adalah orang tua yang melihat dari kejauhan. Berbicara kepada anak hanya untuk mengatakan ”jangan berbuat ini, jangan begitu”, dan lain sebagainya ketika merasa bahwa kehidupan pribadinya terganggu dengan aktifitas anak.

Jika Anda memilih sebagai outsider, jangan protes ketika satu saat Anda menuntut anak untuk mendengarkan Anda sebagai orang tua, tapi si Anak tidak memberikan hak Anda.

Lakukan peranan orang tua dengan baik, maka anak akan melakukan peranan mereka sebagai anak dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar